Tidak terasa bulan yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam akan datang sebentar lagi, bulan yang di dalamnya penuh dengan keistemewaan, bulan yang paling tepat untuk beramal sebanyak-banyaknya, karena pada bulan inilah amal-amal akan dilipat gandakan olehNya. Bulan yang memiliki nilai historis tinggi yaitu, diturunkannya Al-Qur’an pertama kali ke bumi. Bulan Suci Ramadhan, namanya.

Dari Salman Al-Farisy Ra yang diriwayatkan secara marfu’, “siapa yang mengerjakan amal sunnah meski kecil, sama seperti orang yang mengerjakan amal fardhu. Siapa yang mengerjakan amal fardhu, seperti mengerjakan 70 amal fardhu.”

Saat ini tanda-tanda akan datangnya bulan Ramadhan bisa kamu rasakan dengan banyaknya perubahan di sekelilingmu seperti, merambahnya iklan sirup di setiap chanel TV, berita naiknya harga sembako, perbaikan jalan tol untuk persiapan mudik hingga transformasi berpakaian para selebriti yang seketika sesaat menjadi lebih Islami, siap menjadi pribadi yang Sholeh/Sholehah untuk satu bulan ke depan.

Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan, Akang mau berbagi sekaligus mengingatkan beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum bulan Ramadhan tiba.

Dimulai dengan membaca basmalah bersama-sama Bismillahirrohmanirrohim

Melunasi Hutang Puasa Ramadhan Tahun Sebelumnya

bulan-ramadhan
Niat Qodho Puasa Ramadhan via Google.co.id

Ada seseorang yang telah wafat dan ia meninggalkan hutang puasa, maka wajib bagi para ahli waris untuk melunasi hutang puasanya. Coba kamu berpikir sejenak, kiranya ada nggak hutang puasa yang belum kamu bayar dari bulan puasa satu tahun atau dua tahun sebelumnya? Kalau dirasa ada kamu harus segera membayar sebelum memasuki bulan puasa selanjutnya. Apabila waktunya tidak cukup karena sudah mendekati Ramadhan, kerjakan yang kamu bisa kerjakan, sisanya kamu bisa lanjutkan setelah selesai Ramadhan.

Lakukan Sedikit Warming up! (Latihan Berpuasa) Kamu Dapat Melakukannya Satu Bulan atau Dua Bulan Sebelum Bulan Ramadhan

bulan-puasa
“Mak, tadi udah Adzan ko belum boleh buka sih? Itu tadi Adzan Subuh Sayang” via Google.co.id

Sebelum berpuasa di bulan Ramadhan, alangkah baiknya kamu berpuasa terlebih dahulu di bulan-bulan sebelumnya, di bulan rajab atau bulan sya’ban. Tujuannya untuk membiasakan diri atau melakukan sedikit pemanasan warming up! tidak sedikit, lho yang membatalkan puasa Ramadhan di hari pertama dengan alasan tidak kuat atau belum terbiasa.

Pelajari Tentang Rukun dan Syarat Berpuasa Agar Ibadahmu tidak Sekedar Ikut-ikutan

bulan-berpuasa
dapet suami yg bisa baca kitab gundul itu istimewa lho via Google.co.id

Dalam beribadah sangat dianjurkan untuk dibarengi dengan ilmunya, hanya dengan belajar kamu bisa mendapatkan ilmu untuk menyempurnakan ibadahmu. Dan alangkah baiknya jika kamu belajar langsung pada ahlinya. Contoh, kamu bisa mengikuti pengajian, dengan aktif mengikuti pengajian mempelajari Islam akan terasa lebih ringan karena ada interaktif langsung antara Ustadz dengan Jama’ahnya. Kalau kamu ingin lebih fokus, belajar di Pesantren bisa menjadi solusinya. Namun, sebelum memilih pesantren pastikan terlebih dahulu pesantrennya, jangan langsung masuk begitu saja, kalau ternyata pesantren itu menganut ajaran sesat ? Jika kamu mempunyai teman atau kenalan lulusan pesantren kamu bisa minta rekomendasi Pesantren dari mereka.

Al-Islamu Awsa’ Minal Muslimin” Islam itu lebih luas dari pada muslim.

Ketika kamu mulai mempelajari Islam, kamu akan mulai menyadari bahwa terdapat banyak perbedaan dalam memandang dan mengamalkan ajaran Islam itu sendiri. Seperti masalah klasik yang selalu hadir di bulan Ramadhan “Sholat tarawih 8 atau 20 raka’at ?” kamu tidak harus berdebat dalam hal seperti ini, apalagi berani mengkafirkan saudaramu dalam seiman, yang harus kamu lakukan adalah menjalankan apa yang kamu yakini tanpa mendeskriditkan orang lain yang tidak sepaham denganmu.

Jaga Tubuhmu Agar Tetap Sehat dan Bugar

bulan-ramadhan
Neng aja kuat bang olahraga lagi puasa . . . via Google.co.id

Menyambut bulan Ramadhan tidak hanya ruhiyahnya saja yang harus kamu persiapkan, jasmaniyah juga demikian. Bulan yang penuh dengan keistimewaan ini akan sangat disayangkan jika tiba-tiba kamu jatuh sakit dan tidak bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Makan Makanan yang Kamu Suka Tepat Satu Hari Sebelum Berpuasa

bulan-suci-ramadhan
Lotek adalah makanan kesukaan Akang🙂 via Google.com

Makanan apa yang sangat kamu sukai ? Mie Ayam atau Bakso ? karena kecintaanmu terhadap makanan kesukaanmu, ketika berpuasa pastilah sesekali hinggap di pikiranmu ingin makan makanan kesukaanmu di siang hari. Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak sering terjadi, satu hari atau dua hari sebelum bulan Ramadhan makanlah makanan kesukaanmu sepuasnya. Jangan lupa untuk mengajak sahabat atau rekan kerjamu yang memiliki rasa lidah yang serupa.

Mengatur Jadwal Bukber, Bareng Teman SD, SMP, SMA, Kuliah Hingga Rekan Kerja, Jangan Sampai Ada yang Bentrok

buka-bersama
Reuni + Buka bersama anak yatim via Google.co.id

Salah satu nikmatnya bulan Ramadhan adalah semangat kebersamaan dalam keta’atan. Salah satunya adalah buka bersama, selain ajang untuk mempererat silaturahmi, buka bersama juga bisa dijadikan ajang untuk saling berbagi. Misalnya, Alumni SMA 92 Bandung buka bersama 1000 anak yatim. Subhanallah sekali! Kalau acaranya seperti ini, tidak hanya menguntungkan kamu karena bisa bertemu teman lama tapi juga menguntungkan orang lain yang sedang membutuhkan.

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.”

(Al-hadith)

Semakin banyak kamu menghadiri undangan buka bersama, semakin banyak pula kamu bisa berbagi.

Kamu yang Sudah Siap Mengarungi Bahtera Pernikahan, Menikahlah Sebelum Bulan Ramadhan

bulan-puasa
Sayang, nanti kita buka mau makan apa ? via Google.co.id

Point berikut ini sangatlah sakral, bisa bermakna sindiran bagi mereka yang ingin menikah namun tak kunjung mendapatkan jodoh, tapi bisa menjadi sebuah motivasi bagi mereka yang hanya sibuk berpacaran. Ketika kamu sudah menikah, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda dengan bulan Ramadhan sebelumnya, makan tidak lagi sendiri, sahur tidak lagi sendiri, tidur tidak lagi sendiri dan yang pasti, fungsi alarm untuk membangunkan sahur sudah tidak lagi berfungsi.

Akan panjang dan melebar ceritanya apabila Akang membahas point ini, bisa jadi satu artikel sendiri. Lebih baik kita do’akan bersama-sama, yang belum bertemu jodohnya semoga Allah segera mempertemukannya dan yang sudah bertemu dengan jodohnya agar segera menikahinya.

Kalau Kamu Masih Belum Bisa Membaca Al-Qur’an Tidak Ada Salahnya Belajar Kembali. Ramadhan Juga Bulannya Al-Qur’an lho

ramadhan
“Bang, yang ini hukumnya Mad Shilah Qhosiroh” via Google.com

Bulan Ramadhan tidak hanya terkenal dengan bulan puasa, bulan Ramadhan juga terkenal dengan bulannya Al-Qur’an. Kamu tahu kenapa ? Karena pada bulan Ramadhanlah Al-Qur’an pertama kalinya diturunkan ke bumi. Membaca Al-Qur’an banyak sekali manfaatnya, apalagi saat bulan ramadhan.

“Terus bagaimana dong kalo belum bisa baca Al-Qur’an?”

“Aku kan udah gede, malu”.

Tidak ada kata malu dalam kebaikan, apalagi belajar membaca Al-Qur’an. Nikmatnya akan terus kamu rasakan selama kamu mengamalkannya. Tapi kalau kamu merasa gengsi karena sudah gede baru mau belajar membaca Al-Qur’an, coba cari sahabat terdekat yang bacaan Al-Qur’annya sudah baik dan benar, mintai dia untuk mengajari kamu belajar membaca Al-Qur’an secara private. Jangan sampai karena gengsi yang terlampau tinggi kamu kehilangan kesempatan terbaik di bulan ramadhan.

Meminta Maaf dan Saling Memaafkan

bulan-suci-ramadhan
Maafin Aa neng ya, Aa salah😦 via www.memecomic.id

Point terakhir adalah point yang paling penting. Kita harus meminta maaf dan saling memaafkan, dengan kemajuan teknologi hanya dengan sekali sentuhan ibu jari kamu bisa mengirim broadcast permintaan maaf ke semua kontak yang ada di hpmu. Tidak usah banyak berpikir, media apa yang pantas untuk meminta maaf, media apapun pantas ko, asal permintaan maaf itu datangnya dari lubuk hati yang terdalam -Ikhlas. Semoga sebelum masuknya bulan ramadhan hati kita sudah bersih dari dengki, dendam dan jenis penyakit hati lainnya.

Kalau sudah meminta maaf ke sesama mahluk, jangan lupa meminta maaf dan ampunan kepada sang Pencipta, Allahhu robbul ‘izaty atas segala dosa yang telah kita lakukan baik disengaja maupun tidak –bertaubat.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan sebelum bulan Ramadhan tiba ? Mari kita bersama-sama menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini dengan hati yang bersih dan dengan perasaan yang gembira.

Marhaban Yaa Ramadhan …

Marhaban Yaa Syahro Shyam …