Bangun tidur merupakan sebuah nikmat yang sering dilupakan dan dipandang remeh oleh kebanyakan manusia. Mengamalkan berbagai adab bangun tidur merupakan cara terbaik untuk mensyukurinya. Berikut adalah beberapa adab dan sunnah yang diajarkan Rasulullah Saw bagi orang yang bangun tidur.

Berupaya Untuk Bangun Sebelum Terbitnya Matahari

adab bangun tidur
Sebelum matahari terbit via makassar.tribunnews.com

Terbitnya matahari adalah batas berakhirnya waktu subuh. Oleh karena itu sebagai seorang Muslim, kita harus berupaya untuk bangun sebelum terbitnya matahari dan yang terbaik adalah sebelum masuknya waktu subuh. Sayidina Abdullah bin Mas’ud ra menceritakan bahwa pernah dibahas di hadapan Nabi Saw tentang seseorang yang tidur sampai terbitnya matahari dan tidak menunaikan sholat, maka Rasulullah Saw bersabda;

بال الشيطان في أذنه

“Setan telah buang air kecil di telinganya”.

~ HR Bukhari dan Muslim ~

Mengusap Wajah dengan Tangan

adab bangun tidur
mengusap wajah dengan kedua telapak tangan via forum nahdiyin

Hal pertama yang dilakukan seseorang ketika bangun tidur adalah duduk dan mengusap wajahnya dengan kedua telapak tangannya guna menghilangkan bekas-bekas tidur (kantuk), sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Saw dan diriwayatkan oleh Sayidina Abdullah bin ‘Abbas dalam shahih Bukhari dan Muslim.

Membaca Doa Bangun Tidur

bangun tidur ala nabi
Subuhnya masih lama, tidur lagi ah via gambar88.com

Rasulullah Saw telah mengajarkan beberapa doa untuk dibaca saat bangun tidur, di antaranya adalah sebagai berikut:

Doa Pertama

الحمد لله الذي أحيانا بعدما أماتنا وإليه النشور

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah sebelumnya Dia mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kelak dikumpulkan”.

~ HR Bukhari, Abu Dawud dan Ahmad ~

Doa Kedua

الحمد لله الذي رد علي روحي وعافـاني في جسدي وأذن لى بذكره

“Segala puji bagi Allah yang telag mengembalikan ruhku kepadaku dan memberikan kesehatan pada tubuhku serta mengijinkan diriku untuk menyebut-Nya”.

~ HR Tirmidzi ~

Doa Ketiga

لا إله إلا الله وحده لاشريك له, له الملك وله الحمد وهو على كل شئ قدير, سبحان الله والحمد لله ولآإله إلا الله والله أكبر, ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم, رب اغفر لى

“Tidak ada Tuhan kecuali Allah, Dia Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dialah pemilik kerajaan, segala puji bagi-Nya. Dan Dia Maha kuasa untuk berbuat apa pun juga. Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya, tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Duhai Tuhanku, ampunilah aku”.

~ HR Ibnu Majah ~

Bersiwak (Gosok Gigi)

bersiwak via maktabah santri
bersiwak via maktabah santri

Sayidah ‘Aisyah rha menceritakan bahwa setiap kali bangun tidur, baik siang maupun malam Rasulullah Saw senantiasa bersiwak (gosok gigi sebelum berwudhu. (Diriwayatkan oleh Ahmad)

Mencuci Kedua Tangan

mencuci tangan via kompas.com
mencuci tangan via kompas.com

Saat tidur, kita tidak tahu mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kita, oleh karena itu Rasulullah Saw mengajarkan agar bangun tidur kita mencuci kedua tangan kita terlebih dahulu dan tidak memasukkan kedua tangan tersebut ke dalam bak mandi, serta tidak juga memegang makanana dengannya, Rasulullah saw bersabda:

إذا ستيقظ أحدكم من نومه فليغسل يده قبل أن يدخلها في وضوئه, فإن أحدكم لا يدري أين باتت يده

“Jika salah seorang di antara kalian bangun tidur, hendaknya ia mencuci tangannya sebelum memasukkannya ke air yang akan ia gunakan untuk berwudhu. Sebab, salah seorang di antara kalian tidak mengetahui di mana tangannta tidur (tidak mengetahui apa yang diperbuat tangganya saat tidur).

~ HR Bukhari dan Muslim ~

Berwudhu dan Sholat Sunnah

Sholat tahajjud :)
Sholat tahajjud🙂

Wudhu setelah bangun tidur akan mengusir rasa kantuk yang tersisa dan menjadikan tubuh segar dan hati bersemangat. Rasulullah Saw bersabda:

يعقد الشيطان قافية رأس أحدكم ثـلاث عقد إذا نام. بكل عقدة يضرب عليك ليلا طويلا. فإذاستيقظ, فذكرالله, انخلت عقدة. وإذا توضـأ’ انخلت عنه عقدتان. فإذا صلى انخلت العقد. فأصبح نشيطا طيب النفس. وإلا أصبح خبيث النفس كسلان

“Setan mengikat ubun-ubun salah seorang di antara kalian apabila dia tidur, dengan tiga ikatan. Setiap ikatan tertulis kalimat: malam masih panjang maka tidurlah! Apabila dia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka lepaslah satu ikatan. Apabila ia berwudhu, maka lepaslah satu ikatan lagi. Apabila ia melaksanakan Sholat, maka lepaslah semua ikatan setan itu. Sehingga dia menjadi seorang yang bersemangat dan memiliki jiawa yang baik. Jika tidak, maka ia menjadi pemalas dan buruk jiwanya”.

~ HR Bukhari dan Muslim ~

Tidak Menyimpan Dengki  dan Dendam

Gimana mau dengki? udah ada kamu via alfahmu.com
Gimana mau dengki? udah ada kamu via alfahmu.com

Hal terpenting yang harus diperhatikan setiap kali bangun tidur adalah kebersihan hati. Seorang Muslim hendaknya bangun tidur dengan hati yang bersih, tidak menyimpan permusuhan, dendam dan dengki kepada Muslim yang lain. Rasullulah Saw bersabda kepada Anas bin Malik:

يابني إن قدرت على أن تصبح وتمسي ليس في قلبك غـش لأ حد فافـعل

“Duhai anakku, jika engkau mampu berpagi dan bersore hari sedangan di dalam hatimu tiada rasa dengki kepada seseorang, maka lakukanlah”

~ HR Tirmidzi ~

Sumber: “Adab Nabi Indahnya Hidup Dalam Sunnah” karangan Habib Noval Bin Muhammad Alaydrus