Cinta adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada setiap Insan, tanpa cinta dunia serasa hampa. Namun, cinta bisa saja menjadi malapetaka, ketika kamu mencintai seseorang dan dia tidak mencintaimu. Sakit, tapi ini bukan salahmu, karena perasaan seseorang bukanlah sesuatu yang bisa kamu atur. Tidak ada hal yang bisa kamu lakukan selain melangkah lebih maju. Buat kamu yang telah menjadi korban perasaan seperti friend zone atau PHP ikuti langkah-langkah di bawah ini agar kamu bisa berhenti mencintai seseorang yang tidak mencintaimu.

Luangkanlah Sedikit Waktu Untuk Bersedih

Galau produktif ya baca Al-Qur'an :)
Galau produktif ya baca Al-Qur’an🙂

Hanya ada rasa sakit yang tersisa ketika kamu sadar bahwa orang yang selama ini kamu cintai tidak mencintaimu. Kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, mulai dari menyukai hobi kesukaannya, warna kesukaannya hingga mengikuti kebiasaannya. Tapi takdir berkata lain. Dia tidak mencintaimu sama sekali. Untuk melupakannya, biarkan dirimu jatuh dalam perasaan bersedih. Tidak ada yang salah dalam bersedih asal jangan terus-menerus. Lagi pula, beresedih itu lebih sehat dari pada menahan emosi.

Akan tetapi jangan jatuh terlalu dalam ketika bersedih karena bisa membuatmu tenggelam dalam keputusasaan. Seminggu tidak keluar rumah, lupa mandi, sampai enggan ganti baju. Ini sudah berlebihan, bukannya membaik tapi kamu akan terus memikirkan dan mencintai orang tersebut.

Jangan Menyalahkan Si “Dia”

Aa kurang apa neng ?
Aa kurang apa neng ?😦

Tidak peduli setampan apa dirimu, seberapa hebat dirimu, kamu lebih baik berhenti mencintai seseorang yang sudah jelas tidak mencintaimu. Kamu tidak bisa mengatur dirimu karena sudah jatuh cinta padanya. Pun demikian, dia juga tidak bisa mengatur dirinya untuk jatuh cinta padamu. Jangan mulai menyalahkan, terlebih lagi jika kamu menyalahkan karena dia memiliki selera yang buruk dalam memilih pasangan (karena menolak cintamu). Ketika kamu berpikir seperti itu, maka dia sudah memutuskan hal yang benar untuk tidak mencintaimu.

Lebih baik introspeksi, mungkin ada yang salah dengan ketampananmu.

Buanglah Semua Tentang Dia

Selamat jalan masa lalu
Selamat jalan masa lalu🙂

Kamu bisa menangis terisak-isak ketika ingin membuang semua kenangan tentang dia, masa-masa PDKT hingga friend zone. Kamu bisa membakar benda pemberiannya satu persatu, tapi jika kamu merasa ada beberapa benda yang masih bagus lebih baik jual saja di Olx atau situs jual beli lainnya. Keuntungannya bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari, lumayan kan🙂

Semua tentang dia tidak hanya benda pemberian saja, momen-momen saat bersamanya juga. Nah hal ini sangat sulit untuk pulih karena terekam secara otomatis di pikiranmu. Tidak ada cara untuk menghilangkan kenangan, kecuali jika kamu mengalami geger otak dan lupa ingatan setelahnya. Tapi ada cara agar kamu tidak terus-menerus mengingatnya.

  • Berhentilah menjadi stalker baik di facebook, twitter, instagram atau media sosial lainnya. Mungkin kamu anggap spele, tetapi kebiasaan seperti ini akan memicu dirimu untuk mengingatnya.
  • Hindari hal-hal atau something yang bisa membuat kamu mengingatnya. Seperti, lagu yang berhubungan dengan kenangan yang pernah kamu lalui bersamanya, parfum atau tempat favorit kalian nongkrong.

Kamu tidak harus menghindari ini selamanya, kamu hanya butuh sedikit waktu untuk pemulihan. Suatu saat mungkin kamu akan teringat kembali, tapi tidak akan terlalu sakit seperti di awal-awal.

Ceritakan Pada Seseorang yang Kamu Percaya

Aa mau curhat neng
Aa mau curhat neng😦

Jika kamu typical orang Baper yang bisa memendam perasaan dalam jangka waktu lama. Lebih baik temui seseorang yang bisa kamu ajak ngobrol, keluarkan perasaan dan hal-hal yang telah kamu alami. Pastikan seseorang itu adalah sahabat terbaikmu yang bisa kamu percaya atau anggota keluarga, seperti kakakmu atau pun ibumu.

Jika kamu bisa mengexpresikan perasaanmu melalui tulisan, maka buatlah tulisan yang menggambarkan perasaanmu. Seperti cerpen atau novel. Kamu akan merasa lebih baik ketika ada seseorang yang mengomentari tulisanmu. Seperti ini;

“Pengalaman kita sama kak, perempuan memang nggak tau terima kasih”

“yaelah gan, baru satu kali ditolak galaunya berhari-hari”

“sabar mas, masih banyak perempuan disana yang lebih layak untuk mas, semangat”

Berbagai macam komentar hadir di tulisanmu, ada yang sifatnya negatif (menjatuhkan) ada juga yang sifatnya positif (menyemangati) itu hal biasa di kehidupan. Syukur-syukur cerita kamu bisa diangkat di layar lebar dan bisa menginspirasi banyak orang. Patut dicoba.

Kerjakan Rutinitas Baru

Hmm kamu, ke laut aja
Hmm kamu, ke laut aja :-p

Melakukan sesuatu yang baru adalah salah satu cara terbaik untuk menghancurkan kebiasaan lama. Agar kamu tidak terus-menerus mengingatnya, ubahlah rutinitas. Misalnya, setiap pulang sekolah biasanya kamu pulang berdua bersamanya tapi semenjak dia menolak cintamu, kamu bisa mengisi waktu luang sehabis sekolah dengan ikut kegiatan extrakulikuler seperti band sekolah, OSIS atau ikut komunitas yang kamu suka.

Tidaklah mudah menghilangkan semua tentangnya, tetapi masih ada kemungkinan untuk mengalihkan pikiranmu saat kamu mengingatnya. Dengan rutinitas baru kamu bisa mengalihkan tentangnya.

Sudah Saatnya Kamu Temukan Jati Dirimu yang Sebenarnya

Buku adalah temain paling baik sepanjang masa
Buku adalah temain paling baik sepanjang masa

Kamu terlalu larut mencintai seseorang sehingga kamu lupa bagaimana mencintai dirimu sendiri. Ketika cintamu bertepuk sebelah tangan, maka saat itulah momen tepat untuk mengetahui jati dirimu yang sebenarnya. Apa yang kurang di dalam dirimu maka kembangkanlah. Jika kamu ditolak karena badanmu yang overweight berusahalah untuk membentuk badan seatletis mungkin. Jika kamu ditolak karena kurang pintar, belajarlah lebih giat lagi. Tidak selamanya ditolak itu merugikan, kalo sakit sih pasti. Ada sisi positifnya, kamu jadi tahu apa saja kekurangan yang ada pada dirimu.

Teruslah perbaiki diri, raih banyak prestasi, hingga suatu saat nanti dia akan merasa sedih dan menyesal karena telah menolakmu.

Aktif dan Bersosialisasi Kembali

Masih banyak teman yang bisa membuatmu tersenyum
Masih banyak teman yang bisa membuatmu tersenyum bahagia🙂

Keluarlah dari kamarmu, temui orang-orang baru, bercandalah bersama mereka. Dengan ini rasa percaya diri kamu akan meningkat. Masih banyak orang-orang baru yang menarik, malahan kamu bisa saja bertemu dengan seseorang yang lebih baik dari hal apa pun darinya – lebih cantik/ganteng, pinter, rendah hati, lucu – Kamu tidak harus mencari seseorang dan menjalin hubungan dengannya hanya untuk dijadikan pelarian.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama orang-orang baru, maka semakin mudah untuk melupakannya. Jangan diam dan melamun di kamar, kamu hanya akan tenggelam dalam penderitaan. Sibukan dirimu dengan hal-hal baru, sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan orang yang tidak mencintaimu.

Jangan Berkecil Hati

Tanpa Si "Dia" kamu masih tetap bahagia ko, tuh lihat kang Epy
Tanpa Si “Dia” kamu masih tetap bisa bahagia ko, tuh lihat kang Epy

Melupakan seseorang yang sudah lama kamu cintai tidaklah mudah. Tidak sedikit mereka yang mengakhiri hidupnya karena cintanya bertepuk sebelah tangan. Perlu kamu ketahui, ditolaknya cintamu bukan berarti kamu tidak laku. Kadang, kamu terlalu sibuk mencari cinta hingga lupa daratan, padahal orang yang benar-benar mencintaimu ada di sekitarmu.

FYI: masih banyak sisi lain kehidupan yang bisa kamu lakukan selain mengejar cinta, seperti mengejar impian, karir dan lainnya. Ketika kamu benar-benar mencintai dirimu, Tuhanmu dan orang-orang yang ada di sekelilingmu, cinta yang kamu cari akan datang menghampirimu.