Mengupil merupakan suatu kegiatan atau aktivitas berupa pengambilan kotoran berupa ingus dari hidung dengan jari tangan. Walaupun mengupil merupakan kebiasaan yang umum, tetap saja mengupil adalah hal tabu, orang yang memperhatikan seseorang sedang mengupil umumnya dapat merasa geli dan jijik. Jadi sebaiknya, mengupil lah ditempat yang sepi dengan sedikit penerangan, dengan begitu tidak akan ada yang melihat dan merasa jijik. Kotoran hidung atau lebih familiar dengan upil adalah hasil nyata dari aktivitas mengupil. Upil terbentuk dari lendir yang sudah mengering, lendir tersebut sebelum mengering memiliki fungsi untuk menghalangi debu atau barang-barang asing masuk ke dalam hidung.

Apabila seseorang jarang mengupil, maka akan terjadi penumpukan kotoran, dikarenakan membran mukosa terus menghasilkan lendir basah dan bekerja sesuai fungsinya, yaitu menghalangi debu masuk ke dalam hidung, lendir basah tersebut dan debu semakin lama semakin mengeras, lalu terjadi penumpukan upil yang dapat menghambat pernapasan. Maka dari itu, mengupil lah agar dapat bernafas lebih lancar. Tapi, perlu kamu ketahui juga, keseringan mengupil memiliki bahaya dan dampak negatif bagi kesehatan, parahnya dapat berujung kematian. Terdengar konyol apabila ada seseorang ditemukan meninggal karena sering mengupil, tapi namanya ajal, jangankan ngupil, kentut saja bisa berujung kematian, jika dikeluarkannya percis di hadapan presiden korut.

Terlalu sering mengupil dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan, antara lain;

Mengupil Dengan Intensitas Tinggi Membuat Tubuh Rentan Terkena Flu/Terinfeksi

Duh, bisa begini gara-gara ngupil :'(
Duh, bisa begini gara-gara ngupil😥

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering beraktivitas, mengupil tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu, itu sama saja membagikan virus secara cuma-cuma. Terlalu sering ngupil juga menjadi kesempatan bagi para bakteri untuk masuk ke dalam hidung lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya. Mengupillah seperlunya dengan jarak waktu yang ideal. Seperti yang dilakukan kebanyakan orang Muslim, mereka membersihkan kotoran hidung atau ingus lima kali dalam sehari dengan jarak waktu yang ideal –Wudhu. Kebersihan hidung kamu akan terjaga dengan seringnya kamu berwudhu.

Terlalu Sering Mengupil Bisa Memicu Mimisan

Nikmat yang berdarah-darah
Nikmat yang berdarah-darah

Kebiasaan sering mengupil apalagi jika dibarengi dengan tenaga dalam dapat menyebabkan cidera pada lapisan hidung, maka terjadilah mimisan. Ambil ingus kamu dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Kebiasaan Mengupil Membuat Kerontokan Pada Bulu Hidung

Ini rontokku, mana rontokmu ?
Ini rontokku, mana rontokmu ?

Biasanya, ketika kamu berhasil mengambil kotoran hidung atau ingus, ada satu atau dua helai bulu hidung yang ikut tercabut. Jika kamu sering melakukannya, bulu hidung dapat mudah mengalami kerontokan. Bisa kamu bayangkan, hidung tanpa bulu, bagai mulut tanpa gigi, keberadaannya setengah-setengah dibutuhkan.

Mengupil Menyebabkan Kematian

Ingat nak :'( everybody should taste a death
Ingat nak😥 everybody should taste a death

Jangan menyelam lebih dalam, cukup bersihkan permukaannya saja. Perlu kamu ketahui, di dalam rongga hidung terdapat tulang ethmoid yang memisahkan hidung dari otak. Apabila kamu terlalu sering mengupil sehingga tidak sengaja menusuk bagian tulang tersebut, maka cairan di otak dapat bocor dan dapat menyebabkan kematian.